All for Joomla All for Webmasters
More

Kegunaan dan Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan

Teh putih atau white tea adalah tanaman teh yang berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau atau green tea. Hanya saja, teh putih berasal dari jenis yang lebih sehat dan lebih jarang didapat. Teh putih termasuk minuman yang sehat. Yang membedakannya dengan jenis teh lainnya adalah nutrisinya. Kandungan antioksidan dari teh putih dapat mencapai tiga kali lebih banyak. Selain itu, teh putih memiliki potensi untuk memblokir mutasi DNA sebagai pemicu pembentukan tumor, menurut penelitian.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa teh putih dapat memerangi kuman dan mencegah infeksi. Bahkan pada penelitian yang dilakukan di laboratorium tersebut, dinyatakan benar-benar menghancurkan organisme penyebab suatu penyakit. Penelitian tersebut turut membuktikan bahwa teh putih memerangi kuman lebih efektif secara signifikan dibandingkan dengan teh hijau. Kesimpulan penelitian tersebut adalah teh putih kemungkinan memiliki efek antiviral dan antijamur yang mungkin dapat dikembangkan di kemudian hari sebagai obat untuk membantu mencegah terjadinya penyakit.
Ternyata, teh putih mengandung fluoride, tanin, dan flavonoid. Kandungan substansi alami fluoride pada teh jenis ini mencapai 34 persen, menjadikan teh putih efektif untuk mengurangi karies gigi, sebagaimana dilansir oleh sebuah penelitian.

Lebih Jauh tentang Teh Putih

Ciri khas utama dari teh jenis ini memiliki rasa yang ringan dan manis, serta tidak menghasilkan aroma rerumputan seperti pada beberapa jenis teh hijau.Sayangnya tanaman ini sangat jarang.
Daerah penghasil utama teh putih ada di Tiongkok, yaitu di Provinsi Fujian. Proses panennya pun tidak bisa sembarangan karena daun-daun teh tersebut hanya dapat dipetik dalam tiga hari selama setahun, yaitu pada awal musim semi.
Anda dapat membeli teh putih baik dalam bentuk yang masih berupa daun maupun yang sudah dikemas dalam kantong teh celup. Akan tetapi, apabila Anda baru mencoba teh putih, sebaiknya belilah dalam kemasan sampel terlebih dahulu. Biasanya kemasaan sampel ini tersedia d toko-toko daring. Tidak ada salahnya untuk mencoba-coba jenis yang berlainan. Jika nanti sudah mencoba dan cocok, barulah membeli teh putih pilihan Anda dalam kemasan yang lebih besar untuk dikonsumsi secara rutin. Jangan terkejut, karena harga teh putih jauh lebih mahal dibandingkan teh biasa atau teh hijau. Maka dari itu, pastikan bahwa teh putih yang dibeli berasal dari kualitas terbaik.
Secara umum, teh putih memiliki dua jenis, yaitu teh putih tradisional dan daun teh modern. Meskipun demikian, Anda akan mudah membedakan antara kedua jenis teh ini karena bentuk dan penampilannya jauh berbeda.
Keduanya memiliki beberapa varian lagi. Jenis-jenis teh putih terbaik dan paling dikenal adalah pai mu tan (peony putih), jasmine silver tip, silver tip, dan silver needle. Harganya pun bervariasi dan bisa sangat jauh berbeda.
Perlu diketahui bahwa teh putih tidak dapat disimpan terlalu lama. Teh ini harus segera dikonsumsi paling lama enam bulan setelah pembelian. Oleh karena itu, pastikan kemasan teh ini kedap udara, tetap kering, dan sejuk pada saat Anda menerimanya dari penjual.

Bagaimana Cara Menghidangkan Teh Putih yang Ideal?

Cara menghidangkan teh putih juga harus diperhatikan agar Anda tetap mendapatkan seluruh manfaat teh ini. Dalam menghidangkan teh putih, ikuti langkah-langkah berikut.
  • Pilih air yang benar-benar jernih. Jika airnya kurang jernih, cobalah untuk menyaringnya terlebih dahulu. Kualitas air yang tidak baik dapat merusak rasa teh.
  • Panaskan air pada suhu mendekati mendidih. Jika air telanjur mendidih, diamkan dahulu selama 5-8 menit agar suhunya berkurang. Teh putih yang diseduh dengan air mendidih akan terasa pahit.
  • Masukkan serbuk atau daun teh putih ke dalam teko dengan takaran dua sendok teh per cangkir. Tuang air yang sudah dipanaskan tadi.
  • Pada tahap ini, diamkan selama 1-3 menit atau 7-10 menit, tergantung kepada rasa teh yang Anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan daun atau serbuk teh yang sama untuk beberapa kali seduh.
  • Teh putih siap dihidangkan.

Teh putih mungkin sulit ditemukan dan belum populer di kalangan masyarakat, namun jika Anda sudah mendapatkannya, tidak ada salahnya jika Anda rutin mengonsumsi teh tersebut, untuk memperoleh manfaatnya.
To Top