All for Joomla All for Webmasters
More

Fakta Unik Trofi Liga Champions yang Belum Banyak Diketahui

Sepanjang sejarah gelaran Liga Champions, tercatat baru ada 5 klub Eropa yang berhak menyimpan trofi asli Liga Champions selama beberapa bulan. Mereka adalah Real Madrid, Ajax, Bayern Munchen, AC Milan dan Liverpool. 
Hal ini mengacu para peraturan UEFA, dimana sejak musim Liga Champions 1968-1969, klub yang memenangkan kompetisi Liga Champions lima kali atau tiga tahun secara berturut-turut dapat menyimpan trofi asli Liga Champions untuk koleksi galeri klub selama beberapa bulan.
Di bawah peraturan baru, sejak musim 2000/2001 klub-klub yang sukses di Liga Champions mendapatkan Badge of Honour’ (BoH), badge ini diberikan kepada tim-tim yang telah memenangi banyak gelar. Mulai dari Real Madrid, Ajax, Bayern Munchen, AC Milan, Liverpool, dan Barcelona.

Selain catatan diatas, berikut ringkasan 5 Trofi Liga Champions

Fakta Unik Trofi Liga Champions

  1. Real Madrid menjadi klub pertama di Eropa yang menyimpan Trofi asli Liga Champions tepatnya tahun 1967.
  2. Ajax adalah juara Liga Champions 3 kali berturut-turut di tahun 70-an dan menjadi klub pertama yang menerima prestasi sejak redesign trofi tahun 1967.
  3. Liga Champions dibawah UEFA pernah mengalami perubahan besar dari sisi kompetisi. Era baru Liga Champions dimulai tahun 1992-1993 dan Marseille menjadi klub pertama yang memenangkan trofi di era Liga Champions yang baru.
  4. Klub terakhir yang mendapat kehormatan menyimpan trofi asli selama beberapa waktu dan mendapat replika permanen adalah The Reds, Liverpool pada tahun 2005.
  5. Trofi Liga Champions memiliki tinggi 73,5 cm dan lebar 46,5 cm. “Si Telinga Besar” ini memiliki berat 7,5 kg.  Sebagai sponsor resmi, Heineken membawa trofi Liga Champions untuk tour keliling kota di Asia Tenggara dan Brazil pada tahun ini.
Demikian Ulasan mengenai Fakta Unik Trofi Liga Champions, Semoga menambah wawasan Sepak Bola Kamu Oke.
To Top